Senin, 10 Juni 2013

Memilih Printer untuk Cetak Foto Digital

Untuk mencetak foto kita harus memilih printer yang baik. Printer yang baik di sini bukan berarti karena printer tersebut suka berbuat amal, maksudnya bisa digunakan untuk mencetak foto dengan hasil yang memuaskan.



Jika ingin membuka usaha cetak foto, memang disarankan untuk menggunakan printer yang sudah dimodifikasi, atau biasa disebut dengan printer infus. Disebut infus karena tinta-tintanya disimpan di sebuah botol kecil, yang kemudian dihubungkan ke sebuah catridge khusus. Mengapa kita harus menggunakan printer infus? Printer yang di pasangi infus ( Printer infus, CISS = Continuos Ink Supply System ) adalah sistem kerja yang dibuat untuk printer agar dapat mencetak secara terus menerus dan supply tinta secara konsisten tanpa kehilangan waktu pada saat sedang melakukan pencetakan dalam volume tinggi. Selain itu ada beberapa alasan kita memilihnya:


Kelebihan Printer Infus


- Bisa mencetak lebih banyak
Walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun printer infus bisa mencetak lebih banyak foto. Apalagi jika foto tersebut berukuran besar (A4), yang tentu akan banyak mengeluarkan tinta. Berbeda dengan printer dengan catridge, yang tentu akan menghabiskan banyak tinta. Jika digunakan untuk mencetak dokumen, maka kita bisa mencetak ratusan bahkan ribuan lembar tanpa perlu takut kehabisan tinta.


- Hemat biaya
Karena yang digunakan merupakan tinta infus, tentu saja akan menghemat biaya. Bandingkan ketika Anda hendak mencetak foto dengan menggunakan printer catridge, tentu akan sering mengisi tinta dan biaya yang dikeluarkan besar. Umumnya 1 catridge bisa digunakan untuk mencetak 80-100 halaman. Bayangkan jika jumlah halaman yang dicetak ada 1000 halaman, maka kita perlu membeli catridge asli sebanyak 10 kali dimana harga rata-rata per catridge Rp 100.000, jadi diperlukan biaya Rp 800.000 untuk mencetak 1000 halaman. Jika Anda menyuntiknya tentu bisa lebih murah, namun tetap saja kita membutuhkan beberapa kali suntikan tinta dan belum lagi pengisiannya akan merepotkan.


- Lebih praktis
Dengan menggunakan tinta infus tentu saja dalam hal pengisian tinta akan lebih mudah dan tidak repot, sebab tinta tersebut dimasukkan melalui botol tinta yang ada di luar. Selain itu, kita juga bisa melihat apakah tinta masih banyak atau sudah harus diisi ulang. Jika Anda menggunakan catridge biasa tentu saja akan repot, apalagi jika Anda harus menyuntik sendiri tinta-tinta tersebut secara manual karena kita tidak akan mengetahui apakah tinta yang kita masukkan sudah penuh atau memang masih kurang.


- Kualitas tinta infus semakin di kembangkan, sehingga kualitas cetak dan daya tahannya semakin baik dengan warna yang kontras dan tajam.


Kelemahan printer infus :


- Jika printer jarang digunakan tentu saja akan membuat tinta menggumpal, akibatnya ketika hendak digunakan maka aliran tinta tidak berjalan normal sehingga menyebabkan kita tidak bisa mencetak foto. Selain itu, juga dapat berdampak pada hasil cetak foto yang tidak merata.


- Printer infus juga harus ditempatkan dan dipasang dengan benar, sebab jika tidak demikian maka aliran tinta tidak berjalan lancar dan kadang selangnya terganjal ke dalam printer karena tidak ditempel dengan benar. Untuk itu, hal ini memang perlu diperhatikan secara seksama.


- Umur Printer bisa lebih cepat rusak karena sering dipakai mencetak terus menerus karena harga tintanya yang murah.


- Jika Anda memiliki printer baru namun sudah mengubahnya menjadi infus, biasanya garansi dari toko akan hilang dengan sendirinya. Pemilik toko menganggap perubahan disebabkan secara sengaja, bukan karena printernya bermasalah. Mungkin hal ini perlu diperhatikan baik-baik, sebelum memutuskan untuk mengubah printer Anda menjadi printer infus.


- Tampilan printer yang dulunya menarik, tentu tidak akan menarik lagi seperti ketika pertama kali Anda beli. Printer infus memang dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang ingin membuka usaha cetak foto dan ingin menghemat biaya operasional.


- Jarang teknisi yg mampu menginstall printer CISS dgn handal, lebih baik belilah printer infus yg sudah jadi dari pabrikan resmi seperti printer infus Epson.


- Hasil cetak warna tidak bisa sama 100% dengan menggunakan tinta ORI, tapi saat ini produsen tinta refill semakin canggih dimana mereka terus ber kompetisi memberikan hasil cetak gambar yang baik, tajam dan tahan lama.



Pustaka - Memilih Printer untuk Cetak Foto Digital


Ide Usaha: Bermodal Komputer & Internet oleh Mata Maya Studio


Foto / Gambar
indonetwork

0 comments:

Poskan Komentar