Minggu, 13 Januari 2013

Tetap Cantik di Usia 40 Keatas

Tetap Cantik Walau Tak Muda Lagi


Bentuk tubuh proporsional tidak hanya menjadi hak milik wanita usia 30-an tahun dan remaja saja. Wanita yang telah menginjak usia 40-55 tahun pun tetap berhak memiliki tubuh langsing. Bukan berarti ketika mencapai usia sekian, kita tidak perlu lagi memerhatikan penampilan. Membiarkan tubuh melar dan tidak menjaga makan karena beranggapan "untuk apalagi ?" menjadi alasan bagi mereka yang belum mengetahui pentingnya menjaga kebugaran tubuh. Toh, dengan kondisi seperti apa adanya saja, keluarga pun tetap akan menerima.

Jika mau berpikir lebih jauh, menjaga kondisi dan bentuk tubuh ini sangat penting karena berkaitan erat dengan kesehatan. Semakin bertambah usia, kondisi fisik tentu tidak sebugar ketika masih muda. Banyak penyakit seperti sedang menunggu orang-orang yang mulai memasuki usia 40 tahun. Wanita pada usia ini rentan penyakit persendian, hipertensi, dan keropos tulang. Sampai-sampai, seakan wajar jika orang di usia paruh baya menderita penyakit ini. Padahal, jika bisa menjaga tubuh dan kesehatan, penyakit 'berat' malas mampir.

Terkadang banyak orang mencibir, ketika ada wanita paruh baya (usia 40-55) yang gemar menjaga bentuk tubuhnya dengan teratur berolahraga. Padahal latihan fisik ke gymnasium (gym) atau jogging sangat baik untuk kesehatan. Olahraga seringan apapun yang dilakukan secara rutin membuat aliran darah dalam' tubuh lancar sehingga tidak ada penyumbatan. Racun-racun yang tertinggal dalam tubuh pun bisa dikeluarkan melalui keringat.

Olahraga untuk Wanita Usia 40 Keatas
Seseorang yang memiliki kebiasaan jogging setiap hari sangat beruntung karena jogging atau lari santai sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh dan menurunkan berat badan. Jogging termasuk salah satu olahraga yang aman untuk semua wanita paruh baya.

Tetapi, jenis olahraga ini hanya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Jogging tidak bisa digunakan membentuk tubuh. Jadi, kalau ada wanita pada usia 40-an yang juga menginginkan pembentukan tubuh, tidak cukup hanya melakukan jogging saja.

Pada dasarnya, semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh wanita paruh baya. Namun, harus disadari semua wanita bahwa ketika memasuki usia 40 tahun ke atas, kondisi badan dan kesehatan tidak lagi sama dengan ketika usia remaja, 20 tahun, atau 30 tahunan.

Menginjak usia 40 tahun, daya tahan tubuh kita sema Usia 40 tahunan adalah usia pubertas kedua. Seperti halnya pubertas pertama yang dialami remaja, pubertas kedua ini juga membawa banyak perubahan dalam tubuh. Bedanya, pubertas pertama atau ketika remaja, perubahan tubuh yang terjadi merupakan penambahan kapasitas.

Mulai dari bentuk fisik yang membesar sampai energi yang berlipat dari masa sebelumnya. Tapi, pada pubertas kedua ini yang terjadi justru sebaliknya, terjadi penyusutan dan penurunan energi. Berbagai penyakit yang berkaitan dengan persendian dan tekanan darah mulai terasa. Oleh karena itu, para wanita paruh baya harus bijak menyikapi hal ini.

Tidak usah memaksakan diri untuk melakukan olahraga tertentu. Kita dituntut pintar memilih olahraga yang cocok dan membuat bugar. Karena jika memaksakan diri, alih-alih mendapatkan tubuh ideal, yang ada justru sebaliknya, olahraga justru membuat cidera.

Untuk menjaga dan mendapatkan bentuk tubuh proporsional pada usia ini, para wanita paruh baya tetap bisa mengikuti senam bodylanguage bahkan aerobic, asal memiliki kondisi kesehatan yang mendukung. Untuk lebih meyakinkan, lebih baik jika sebelum mengikuti jenis olahraga tertentu berkonsultasi dulu dengan dokter sehingga dapat mengukur olahraga apa yang akan diikuti dan berapa lama durasinya.

Khusus untuk wanita paruh baya yang memiliki masalah dengan jantung, sebaiknya tidak mengikuti olahraga senam bodylanguage dan aerobic karena gerakannya yang menyita banyak energi dikhawatirkan akan membahayakan jantung.

Pustaka-Tetap Cantik di Usia 40 Keatas


Goodbye Lemak Oleh Aneu Garwati & Ika .w

2 komentar:

  1. salam kenal sis
    Senam yoga bisakan sis dibuat senam usia 40thn ke atas? menurut sis baju senam murah berkualitas dengan model seperti apa yang pas dipakek senam yoga?

    BalasHapus
  2. senam jenis apa yg pas untuk wanita usia 40-an? dan apakah perlu mengikuti sanggar senam juga? kalo untuk bajunya, ada g ya baju senam murah dg bahan yg berkualitas dan nyaman dipakai?

    BalasHapus