Senin, 03 Desember 2012

Taman Nasional Wasur

Wisata ke Taman Nasional Wasur


Taman Nasional Wasur merupakan perwakilan dari lahan basah yang paling luas di Papua/lrian Jaya dan sedikit mengalami gangguan oleh aktivitas manusia. Lahan basah di taman nasional wasur merupakan ekosistem yang paling produktif dalam menyediakan bahan pakan dan perlindungan bagi kehidupan berbagai jenis ikan, udang, dan kepiting yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Sekitar 70 persen dari luas kawasan taman nasional wasur berupa vegetasi savana, sedang lainnya berupa vegetasi hutan rawa, hutan musim, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput, dan hutan rawa sagu yang cukup luas. Jenis tumbuhan yang mendominasi hutan di kawasan taman nasional ini antara lain api-api (Avicennia sp.), tancang (Bruguiera sp.), ketapang (Terminalia sp.), dan kayu putih (Melaleuca sp.).

Jenis satwa yang umum dijumpai antara lain kanguru pohon (Dendrolagus spadix), kesturi raja (Psittrichusfulgidus), kasuari gelambir (Casuariuscasuarius sclateri), dara mahkota/mambruk (Goura cristata), cendrawasih kuning besar (Paradisea apoda novaeguineae), cendrawasih raja (Cicinnurus regius rex), cendrawasih merah (Paradisea rubra), buaya air tawar (Crocodylus novaeguineae), dan buaya air asin (Crocodylus porosus). Keanekaragaman hayati bernilai tinggi dan mengagumkan di Taman Nasional Wasur, menyebabkan kawasan ini lebih dikenal sebagai " Serengiti Papua ".

Data
- Kawasan ini lebih dikenal sebagai "Serengiti Papua".
- Taman Nasional Wasur merupakan perwakilan dari lahan basah yang paling luas di Papua/Irian Jaya.

Lokasi
Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Akses
Jika anda pergi dari Jayapura ke Merauke (Plane), di-butuhkan waktu 1,5 jam, kemudian dari Merauke ke lokasi menggunakan kendaraan roda empat dalam waktu satu sampai dua jam melalui jalur Trans Irian (Jayapura Merauke).

Pustaka-Taman Nasional Wasur


Jelajah wisata Nusantara: berbagai pilihan tujuan wisata di 33 provinsi Oleh Tri Maya Yulianingsih,Ratino

0 comments:

Poskan Komentar