Minggu, 02 Desember 2012

Taman Nasional Komodo

Wisata Taman Nasional Komodo


Taman Nasional Komodo terletak di antara dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Flores antara perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Di sini terdapat tiga pulau utama atau pulau yang sedikit besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar dan sisanya adalah pulau kecil dengan luas daratan 603 km'. Total luas Taman Nasional Pulau Komodo sekarang adalah 1.917 km'.

Taman Nasional Pulau Komodo ditemukan sekitar 1980 dan telah dinyatakan salah satu bagian dunia yang perlu dilindungi dan biosphere reserve oleh badan UNESCO pada 1986. Taman Nasional ini awalnya dibentuk dengan tujuan untuk melestarikan spesies naga yang unik dan langka (Komodo) yang dikenal dengan bahasa ilmiahnya Varanus Komodoensis yang ditemukan pertama kali oleh JKH Van Steyn sekitar 1911. Setelah itu bukan hanya Naga Komodo yang dilindungi tapi semua keanekaragaman hayati baik laut dan darat masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Komodo.

Penghuni asli Pulau Komodo adalah orang-orang suku Ata Modo yang masih ada di Pulau Komodo tapi seiring dengan pendatang dari daerah yang lain maka darah, adat budaya, dan bahasa telah bercampur dengan pendatang baru. Waktu terbaik berkunjung ke TN Komodo di bulan Juli s.d. Oktober. Di pulau itu kita dapat melihat padang savana yang kering mendominasi daratan dan suhu udara yang panas yang membuat habitat reptil komodo melakukan perburuannya.

Data Taman Nasional Komodo ditemukan sekitar 1980. Dinyatakan salah satu bagian dunia yang perlu dilindungi dan biosphere reserve oleh badan UNESCO pada 1986. Dan masuk dalam " New Seven Wonder" tahun 2011, yang menuai banyak kontroversi di Indonesia.

Di TNK terdapat tiga pulau utama atau pulau yang sedikit besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar dan sisanya adalah pulau kecil dengan luas daratan 603 km'.

Lokasi
Di antara dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Flores antara perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Akses
Menuju TN Komodo dapat melalui pelabuhan laut yang terdapat di Labuan Bajo. Bagi kita yang memiliki waktu terbatas dalam perjalanan, menggunakan pesawat menjadi pilihan utama. Terbang dari Bandara Ngurah Rai, Bali dengan pesawat jenis Fokker 50 menuju Bandara Komodo, Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo kita dapat memilih alternatif transportasi untuk mencapai TN Komodo.

Pustaka-Taman Nasional Komodo


Jelajah wisata Nusantara: berbagai pilihan tujuan wisata di 33 provinsi Oleh Tri Maya Yulianingsih,Ratino

0 comments:

Poskan Komentar