Senin, 17 Desember 2012

PASAR VALUTA ASING

Apa Itu Pasar Valuta Asing ?


Hampir setiap negara mencetak mata uang sebagai alat pembayaran yang sah bagi warga negaranya. Pemerintah Indonesia mencetak mata uang bernama rupiah (Rp), Inggris mengedarkan mata uang bernama pound (£), Jepang menerbitkan mata uang bernama yen (¥), Selandia Baru mempunyai mata uang bernama dolar (NZ$), dan lain sebagainya.

Tersedianya mata uang membuat semua komoditas dapat disatuankan dalam mata uang tertentu. Masalahnya adalah bagaimana dua negara yang berbeda dapat saling mengadakan Misalnya, Rp Indonesia dibelikan seperangkat komputer dari Jepang yang bermata uang ¥.'

Indonesia membeli (impor) komputer dan Jepang, sama artinya dengan Jepang menjual (ekspor) komputer ke Indonesia. Dalam transaksi ekspor-impor ini, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu:

1. Indonesia menukar Rp terhadap ¥ untuk kemudian dibayarkan kepada Jepang.
2. Jepang dibayar dengan Rp, dan kemudian Jepang sendiri menukar Pp-nya terhadap ¥.

Transaksi dalam poin (1) dan (2) terjadi di pasar valuta asing.

Pasar valuta asing (foreign exchange maket) adalah suatu mekanisme di mana mata uang satu ditukar terhadap mata uang lainnya.

Apa pun mata uang dibayarkan oleh Indonesia, terjadi penawaran rupiah dan permintaan yen di pasar valuta asing Indonesia di satu sisi, dan terjadi permintaan yen dan penawaran rupiah di pasar valuta asing, Jepang di sisi lain. Valuta merupakan padanan kata uang dalam pengertian currency, sedangkan asing mengacu pada fakta bahwa mata uang ¥ diterbitkan oleh negara lain, yaitu Jepang, meskipun mata uang V diperjualbelikan dalam wilayah domestik Indonesia (atau sebaliknya, mata uang Rp diterbitkan oleh negara lain, yaitu Indonesia, meskipun mata uang Rp diperjualbelikan di dalam wilayah domestik Jepang).

Pustaka-PASAR VALUTA ASING


Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing Oleh Jose Rizal Joesoef

Foto/Gambar
contohsuratindo
pasar

0 comments:

Poskan Komentar