Jumat, 21 Desember 2012

Macam Bentuk Diskusi

Bentuk Diskusi dan Pengertiannya


Diskusi yang melibatkan sejumlah orang bentuknya dapat bermacam-macam. Beberapa bentuk diskusi yang sering dilakukan adalah sebagai berikut :

1) Diskusi Panel
Diskusi panel melibatkan beberapa panelis (pembicara) yang mempunyai keahlian dalam bidang masing-masing. Para panelis tersebut bersepakat mengutarakan pendapat dan pengalamannya mengenai suatu masalah. Diskusi panel dipimpin oleh seorang moderator. Berhasil tidaknya diskusi panel sangat bergantung kepada kelincahan moderator.

2) Simposium
Simposium hampir sama dengan panel, hanya lebih bersifat formal. Panelis harus menyampaikan makalah mengenai suatu masalah yang disorot dari sudut keahlian masing-masing. Dalam simposium. Para pendengar/peserta dituntut lebih aktif berpartisipasi.

3) Seminar
Seminar adalah suatu pertemuan untuk membahas suatu masalah tertentu dengan sasaran dan tanggapan melalui suatu diskusi yang mendapatkan suatu keputusan bersama mengenai masalah tersebut. Masalah yang dibahas dalam seminar mempunyai ruang lingkup yang terbatas. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jalan keluar dari suatu masalah.

4) Lokakarya
Istilah lain dari lokakarya adalah workshop. Lokakarya mempunyai ruang lingkup tertentu dan dibahas secara mendalam. Peserta-nya adalah orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Lokakarya biasanya diadakan jika:

a. Ingin mengevaluasi suatu proyek yang sudah dilaksanakan.
b. Ingin mengadakan pembaharuan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat; dan
c. untuk bertukar pengalaman dengan tujuan lebih meningkatkan kemampuan kerja.

5) Brainstorming
Brainstorming adalah aktivitas dari sekelompok orang yang menciptakan gagasan-gagasan baru sebanyak-banyaknya. Dengan brainstorming diharapkan tercetus gagasan atau kritik sebanyak-banyaknya.

Pustaka-Macam-Macam Diskusi


Think Smart Bahasa Indonesia Oleh Ismail Kusmayadi

Foto/Gambar
belajarpsikologi

0 comments:

Poskan Komentar