Minggu, 23 Desember 2012

Deteksi dini : Pengertian dan Tujuannya

Pengertian Deteksi Dini


Deteksi dini kanker ialah usaha untuk mengidentifikasi/mengenali penyakit atau kelainan yang secara klinis belum jelas, dengan menggunakan tes (uji), pemeriksaan, atau prosedur tertentu yang dapat digunakan secara cepat untuk membedakan orang-orang yang kelihatannya sehat, benar-benar sehat, dan yang tampak sehat tetapi sesungguhnya menderita kelainan.

Tujuan Deteksi Dini
Deteksi dini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit pada stadium yang lebih awal atau dengan kata lain menemukan adanya kelainan sejak dini, yaitu kanker yang masih dapat disembuhkan, untuk mengurangi morbiditas (angka kesakitan) dan mortalitas (angka kematian) akibat kanker.

Hal yang mendasari pentingnya deteksi dini
Perjalanan penyakit kanker umumnya dimulai dari kanker in situ atau kanker lokal dalam taraf seluler atau organ yang pada tahap ini biasanya gejala belum timbul namun secara mikroskopis dapat terdeteksi. Fase kanker lokal umumnya cukup lama sebelum mengadakan invasi keluar organ atau sebelum mengadakan metastasis (penyebaran).

- Banyak kasus kanker yang timbul dari tumor (benjolan) atau lesi prakanker (perubahan bentuk sebelum terjadinya kanker) yang telah lama ada.

- Lebih dari 75% kasus kanker terdapat pada organ atau tempat-tempat yang mudah diperiksa sehingga mudah ditemukan dengan pemeriksaan sederhana.

- Penderita kanker umumnya bare datang ke dokter sesudah penyakitnya dalam stadium lanjut, sedangkan pada tahap tersebut, kanker sukar atau tidak dapat disembuhkan lagi.

- Hasil pengobatan kanker stadium dini jauh lebih baik daripada stadium lanjut. Kanker stadium dini dapat disembuhkan dan kanker stadium lanjut sukar atau tidak dapat disembuhkan lagi. Dengan melakukan deteksi dini kanker itu dapat ditemukan dan diobati makin baik prognosisnya (harapan kesembuhannya). Pengobatan tumor jinak dan lesi prakanker adalah dengan mencegah timbulnya kanker, dan ini merupakan prevensi (pencegahan) primer (awal) terhadap kanker.

- Penyembuhan kanker secara spontan hampir tidak pernah terjadi.

Pustaka-Deteksi dini : Pengertian dan Tujuannya


100 Questions & Answers: Kanker pada Wanita Oleh Dr. dr. Imam Rasjidi, Sp.OG (K) Onk

Foto/Gambar
morenicenews.blogspot

0 comments:

Poskan Komentar