Selasa, 13 November 2012

Wujud Surat dan Benda Pos

Jenis Surat dan Benda Pos


Untuk mengadakan komunikasi dengan surat tidaklah sesederhana yang kita pikirkan. Banyak persiapan yang diperlukan, misalnya bahan dan alat tulisnya, kode untuk merumuskan secara sistematis dan logis, mesin ketik atau komputer, cara pengiriman arsip, tenaga manusia, dan alat-alat kantor. Surat itu sendiri ditulis dengan berbagai sarana kertas surat. Sarana-sarana kertas surat tersebut merupakan wujud surat. Wujud surat ada beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

1. Kartu Pos
Kartu pos adalah bentuk surat terbuka untuk mewartakan beritaberita pendek dan praktis. Terbuat dari kertas yang agak tebal (BC ataupun manila karton) berukuran 10 x 15 cm. Kartu pos yang dikeluarkan oleh PT Posindo disebut kartu pos resmi yang dapat dengan mudah dibeli di setiap kantor pos. Namun, beberapa perusahaan atau kantor juga mencetak sendiri kartu posnya dengan memakai kop surat kantor yang bersangkutan. Pada kartu pos, tentulah kita tidak dapat berbicara panjang lebar apalagi yang bersifat rahasia seperti pada surat tertutup.

Kartu pos sendiri terdiri dari dua muka. Muka pertama menyediakan tempat alamat pengirim (di sebelah kiri) dan alamat yang dikirim (di sebelah kanan). Muka lain di baliknya adalah tempat untuk menuliskan berita atau isi surat. Kartu pos dapat digunakan untuk keperluan niaga dan keperluan pribadi. Untuk keperluan surat niaga, umumnya orang menggunakan kartu pos sebagai surat pesanan atau penawaran singkat.

2. Warkat Pos
Warkat pos juga dijual di kantor pos dan dikeluarkan oleh PT Posindo, terdiri dari dua muka seperti amplop, yaitu tempat menulis alamat si pengirim dan yang dikirim. Warkat pos ini berwujud selembar kertas dengan lidah-lidah untuk menempelkan tern. Ukuran setelah dilipat atau setelah ditutup adalah 8 x 12 cm. Setelah dilipat terlihat seperti amplop. Ada dua macam warkat pos, yaitu warkat pos biasa dan warkat pos kilat.

3. Surat Bersampul
Surat bersampul adalah surat yang memakai amplop tertutup dan dapat memuat berita yang cukup panjang. Di samping kelihatan lebih sopan, dengan surat bersampul, berita di dalamnya lebih terjamin kerahasiaannya (tidak mudah diketahui orang).

4. Memorandum dan Nota
Memorandum dan nota digunakan untuk surat menyurat (intern), yang biasanya digunakan untuk meminta atau memberikan informasi (nota) yang sifatnya mengingatkan.

5. Telegram
Telegram adalah surat atau berita yang pengirimannya disalurkan melalui pesawat morse, teleks, atau teleprinter. Pada telegram, terdapat beberapa bagian yang perlu diperhatikan, yaitu petunjuk dinas berbayar ptb alamat, isi telegram, pengirim. Petunjuk dinas berbayar (ptb) berisi sifat telegram dan ongkos yang harus dibayar oleh pengirim telegram.

Jenis-jenis Petunjuk dinas berbayar sebagai berikut :

• PENTING, SEGERA, KILAT: menunjukkan telegram yang ingin didahulukan pengirimannya, dan ongkosnya harus dibayar dua kali lipat dari ongkos telegram biasa.
• N: menunjukkan telegram pemerintah yang bersifat biasa.
• NS: menunjukkan telegram pemerintah yang bersifat penting.
• NK: menunjukkan telegram pemerintah yang sangat penting.
• TM: menunjukkan telegram dapat dikirim ke beberapa alamat dalam satu kota.
• RP: menunjukkan telegram itu disertai uang sebesar untuk membalas telegram tersebut.
• LT: menunjukkan telegram luar negeri yang dikirimkan secara lambat.
• FS: menunjukkan telegram tersebut dikirimkan ke alamat yang baru.
• MP: menunjukkan telegram luar negeri yang harus dikirimkan langsung ke penerima telegram.

6. Surat Kawat
Surat kawat adalah surat yang ditulis dengan gaya bahasa telegram dan umumnya dipergunakan untuk ucapan selamat dan sejenisnya.

7. Surat Pengantar
Surat pengantar (letter of transmittal) biasanya memunyai bentuk serta susunan yang telah dicetak dan umumnya berupa formulir isian. Di sini telah tersedia kolom-kolom yang siap diisi. Selain itu terdapat juga apa yang disebut surat keputusan yang biasa disingkat dengan SK (berisi tentang konsiderans, disideratum, dan diktum).

8. Benda Pos Lain
Selain mengenal wujud surat seperti yang sudah disebutkan di atas, kita juga perlu mengenal benda-benda pos lain, yaitu sebagai berikut :

• Perangko.
• Materai.
• Amplop.
• Kartu pos.
• Warkat pos.
• Kartu pindah.
• Kartu C.7.
• Blangko pos wesel.
• Kertas segel.

9. Kotak pos
Kotak pos atau PO BOX adalah kotak yang disediakan oleh kantor pos atau pastel untuk digunakan secara berlangganan dengan membayar uang langganan setiap bulan. Dengan menggunakan kotak pos, surat-surat dapat diterima lebih cepat karena dapat diambil sendiri di kantor pos sesuai dengan kegiatan perusahaan. Tujuan lainnya adalah merahasiakan alamat penerima surat agar tidak terlalu repot melayani orang atau relasi dalam hubungan surat-menyurat.

Pustaka - Wujud Surat dan Benda Pos


Pedoman Lengkap Menulis Surat Oleh Adlan Ali & Tanzili

Foto/Gambar
world.kbs.co

0 comments:

Poskan Komentar