Selasa, 13 November 2012

Plastida Bagian Organel Sel


Plastida Peranannya Pada Tumbuhan


Plastida merupakan organel sel yang hanya dijumpai pada sel tumbuhan. Plastida mempunyai bentuk dan struktur khusus. Ada dua macam plastida, yaitu plastida berwarna (kromatopora) dan plastida tidak berwarna (leukoplas). Contoh kromatopora yaitu kloroplas dan kromoplas. Contoh leukoplas yaitu leukoamiloplas, elaioplas, dan proteinoplas. Plastida memiliki fungsi yang sama dengan mitokondria.

Kloroplas banyak dijumpai pada jaringan tiang dan jaringan bunga karang di daun. Kloroplas tersebar di dalam sitoplasma pada sel-sel fotosintetik dan merupakan organel terbesar di dalam sitoplasma. Kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Kloroplas menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia. Dengan mikroskop elektron, kloroplas mempunyai bentuk tiga dimensi seperti yang terlihat pada Gambar 1.11. Kloroplas mempunyai dua selaput, yaitu selaput dalam dan selaput luar yang menyelubungi matriks tidak berwarna dan suatu struktur homogen berbentuk granula yang disebut granum.


Pada granum, terdapat pigmen berwarna hijau (klorofil). Fungsi klorofil ialah untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia melalui fotosintesis. Granum merupakan penebalan lebih lanjut dari lamela (tilakoid) yang berasal dari perkembangan selaput dalam. Grana satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan lamela intergrana. Di dalam tilakoid terdapat cairan yang disebut stroma.

Kromoplas mempunyai bentuk dan ukuran yang bervariasi. Kromoplas berwarna kuning jika mengandung xantofil, berwarna merah jika mengandung likopeni, atau berwarna jingga jika mengandung karotenoid. Contohnya pada umbi wortel (Daucus carota), buah tomat (Licopersicum esculentum), dan buah cabai (Capsicum anuum).

Leukoplas adalah plastida yang tidak berwarna dan berfungsi untuk menghasilkan amilum (leukoamiloplas), menghasilkan lemak (elaioplas), dan menghasilkan protein (proteinoplas). Leukoamiloplas dapat dijumpai pada empulur batang, umbi, dan biji. Elaioplas dapat dijumpai pada lumut hati. Proteinoplas dapat dijumpai pada stroma yang terdapat dalam kloroplas.

Pustaka - Plastida Bagian Organel Sel


BIOLOGI Interaktif Kls.XI IPA Oleh Wijaya Jati

Foto/Gambar

biologi.blogsome

0 comments:

Poskan Komentar