Kamis, 29 November 2012

Pengertian Valuta Asing


Mengenal Valuta Asing


Valuta asing adalah mata uang negara lain. Nilai mata uang suatu negara selalu berbeda dengan nilai mata uang negara lain. Perbedaan nilai inilah yang membuat sebuah mata uang dapat dipertukarkan dengan mata uang lainnya. Semua mata uang negara-negara besar dunia menganut sistem mengambang yang berarti membiarkan nilai tukar mata uang bebas bergerak naik turun mengikuti fluktuasi pasar. Karena nilai tukar yang selalu bergerak naik turun dari waktu ke waktu, maka nilai tukar mata uang mulai diperdagangkan.

Beberapa faktor yang menyebabkan perdagangan valas berkembang pesat di antaranya adalah aktivitas perdagangan antarnegara, keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan nilai tukar, dan perkembangan teknologi informasi yang memungkinkan bagi siapa saja untuk melakukan transaksi mata uang asing.

Dalam transaksi valuta asing banyak sekali mata uang yang diperdagangkan. Namun, yang paling banyak adalah mata uang utama dunia, seperti:




























USDUS DollarMata Uang Amerika
GBPGreat Britain Pound SterlingMata Uang Inggris
EUREuroMata Uang Uni Eropa
CHFSwiss FrancMata Uang Swiss
JPYJapanese YenMata Uang Jepang

Valas tersebut diperdagangkan dalam bentuk pasangan mata uang atau disebut pairs. Sebagai contoh adalah GBP/USD, EUR/USD, USD/JPY, dan USD/CHF. Artinya, pada saat kita membeli satu mata uang, saat itu juga kita menjual mata uang yang menjadi pasangannya. GBP/USD dapat diartikan membeli GBP dengan USD atau menjual USD dengan mendapatkan GBP. Demikian juga dengan USD/JPY bisa diartikan sebagai membeli USD dengan JPY atau menjual JPY dengan mendapatkan USD.
Contoh:

1. Buy EUR/USD 1.4000 artinya membeli 1 EUR dengan menjual 1.4000 USD atau dapat dikatakan sebagai 1 EUR harganya 1.4000 USD.
2. Buy GBP/USD 1.9800 artinya membeli 1 GBP dengan menjual 1.9800 USD atau dapat dikatakan sebagai 1 GBP harganya 1.9800 USD.
3. Buy USD/JPY 116.00 artinya membeli 1 USD dengan menjual 116.00 JPY atau dapat dikatakan sebagai 1 USD harganya 116.00 JPY.
4. Buy USD/CHF 1.0900 artinya membeli 1 USD dengan menjual 1.0900 CHF atau dapat dikatakan sebagai 1 USD harganya 1.0900 CHF.

Pustaka-Pengertian Valuta Asing


Panduan Praktis Bermain Valas Lewat Internet Oleh Joko Salim, S.Kom, SE

Foto/Gambar
lexusventuresllc

0 comments:

Poskan Komentar