Minggu, 14 Oktober 2012

Sirsak Khasiat Dan Manfaatnya

Sirsak (Annona muricata Linn)


Sirsak atau zuurzak (Belanda) dikenal juga dengan nama nangka welanda (Sunda) atau soursop (Inggris) atau guyabano (Filipina). Buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nagka sebrang, di Bali disebut srikaya jawa, sedangkan di Lampung dikenal dengan nama jambu landa, durian betawi (Minangkabau), Deureuyan belanda (Aceh).

Pohon buah sirsak (Annona muricata Linn) tumbuh di sembarang tempat dapat mempunyai ketinggian kurang lebih delapan meter. Batang berkayu, bulat, bercabang, berwarna cokelat kotor. Daun tunggal berbentuk bulat telur atau lanset dengan ujung runcing panjang 6-18 cm dan lebar 2-6 cm, pertulangan menyirip warna hijau kekuningan dan hijau. Bunga tunggal dengan daun kelopak kecil warna kuning keputihan dengan benang sari banyak, berambut, berkepala putik silindris, mahkota berdaging, bulat telur, panjang 3-5 cm, kuning muda, muncul pada batang dan ranting.

Buah majemuk atau buah agregrat terdiri dari kumpulan buah-buah dengan biji tunggal saling berdampingan sehingga tidak ada batas antara buah berkumpul menjadi satu berbentuk bulat telur dengan panjang 15-35cm diameter 5-10 cm dengan kulit buah berwarna hijau, daging buah berwarna putih. Berat per buah dapat mencapai 2,5 kilogram. Biji menyebar dalam daging buah berbentuk bulat telur dengan tektur keras dan berwarna hitam kecokelatan, biji buah bersifat racun dan dapat digunakan sebagai insektisida alami seperti biji srikaya. Akar tanaman ini tunggang, bulat, dan cokelat muda.

Kandungan gizi dan kimia
Dalam 100 g buah sirsak mengandung karbohidrat cukup tinggi terutama dalam bentuk sukrosa 2,54 persen, dekstrosa 5,05 persen dan levulosa 0,04 persen. Sirsak dikenal karena kandungan vitamin C-nya yang relatif tinggi. Dibanding dengan buah Kandungan kimia. Akar dan batang Annona muricata Linn mengandung flavonoida, di samping itu akarnya mengandung saponin, tannin, polifenol dan alkaloida

KOMPOSISI ZAT GIZI BUAH SIRSAK (per 100 gram)





































































Komponen GiziJumlahKomponen GiziJumlah
Energi59 kcalKalium293 mg
Protein1gRetinal0
Lemak0,2 gBeta-karoten0
Karbohidrat15,1 gVit A (total)0
Serat kasar0,6 gThiamin (Vitamin B 1)0,08 mg
Abu0,5 gRiboflavin0,10 mg
Kalsium14 mgNiacin1,3 mg
Fosfor21 mgVitamin C24 mg
Besi0,5 mgAir83,2 g
Natrium8Bagian yang dapat dimakan73%

Sumber The Philippi. Fbod Composition Tables, 1997. Fbod and Nutrition Research Institute, Department of Science and lt•chnoloo. Metro Manila, Philippines. dan Food Composition Table for Use in East Asia. US department of Health, EducatIon and Welfare, FDA UN, 1972

Khasiat sirsak
Kulit batang buah sirsak ini berkhasiat sebagai obat mencret dan obat bisul, buah dan biji masak berkhasiat sebagai obat cacing. Untuk obat mencret dipakai kurang lebih 10 g kulit batang sirsak, dicuci dan dipotong-potong keci-kecil, direbus dengan tiga gelas air selama 30 menit, didinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.

Kegunaan sirsak
Buah sirsak terkenal sebagai sumber vitamin C. Buah ini juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya cukup lumayan. Serat sangat dibutuhkan untuk kelancaran gerakan peristaltik usus, membantu mencegah sembelit, mencegah kanker usus, mencegah sakit pada usus besar, mencegah wasir, membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu menurunkan berat badan.

Aroma sirsak sangat harum dan enak dibuat puree sirsak (puree adalah daging buah yang dilumatkan). Rasa asam sirsak dapat menghilangkan rasa mual setelah makan. Selain dikonsumsi segar, sirsak juga diolah dan diproduksi menjadi berbagai makanan dan minuman olahan seperti sari buah, jus, sirup, dodol, puding bahkan es krim. Buah ini juga yang dibuat sebagai puree untuk ekspor.

Pustaka - Khasiat Buah Sirsak


rahasia sehat dengan makanan berkhasiat oleh Prof. Ali Khmsan

Foto/Gambar

0 comments:

Poskan Komentar