Minggu, 14 Oktober 2012

Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migren, dan Vertigo

Perbedaan Sakit Kepala, Migren, dan Vertigo


Sakit kepala adalah rasa nyeri atau tidak enak di sebagian atau seluruh kepala. Rasa nyeri dapat menjalar ke wajah, mata, gigi, rahang bawah dan leher. Sedangkan, migren adalah nyeri kepala berulang yang tidak diketahui pasti penyebabnya. Serangan nyeri berlangsung 4-72 jam, biasanya hanya dirasakan pada satu sisi, sifatnya berdenyut, intensitas nyeri sedang-berat, dapat disertai rasa mual, fotofobia (tidak tahan cahaya, mudah silau) dan fonofobia (tidak tahan suara).

Banyak faktor pencetus migren. Membuat catatan setiap kali datang serangan migren akan membantu Anda atau dokter Anda mendeteksi penyebab migren. Penderita migren sebaiknya menghindari makanan jenis cokelat. Cokelat adalah pemicu migren yang paling umum.

Adapun vertigo dapat dirasakan sebagai perasaan berputar, miring, berayun atau oleng disertai dengan gejala mual, muntah, keringat dingin, pucat, gangguan keseimbangan badan dan nistagmus. Nistagmus adalah gerak bola mata yang berbolak-balik dengan cepat dan berlangsung di luar kehendak.

Pustaka - Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migren, dan Vertigo


Cara Cerdas: Untuk Sehat Oleh Surya Sugani, Lucia Priandarini

Foto/Gambar
toknabe.wordpress

0 comments:

Poskan Komentar