Sabtu, 20 Oktober 2012

Menjadi Seorang Akuntan

Profesi Seorang Akuntan


Kalau kasir pekerjaannya hanya sebatas melakukan transaksi, maka tugas akuntan lebih rumit lagi. Mereka juga turut serta memikirkan bagaimana keuangan perusahaan bisa berjalan baik. Pokoknya para akuntan juga mikirin gimana caranya agar keuangan perusahaan selalu bagus, nggak rugi, apalagi bangkrut. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan para akuntan adalah menyusun laporan keuangan yang nantinya akan dibahas dalam rapat. Laporan keuangan ada yang dibuat bulanan, triwulan, semester, dan tahunan. Nggak gampang loh bikin laporan keuangan, tanya aja sama teman atau kakak kamu yang kuliah akuntansi. Belum lagi, laporan keuangan tersebut mesti dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip dan regulasi pemerintah yang berlaku, serta dapat dilaporkan secara tepat waktu dan akurat. Selain itu, akuntan juga wajib ngasih masukan bagus demi berjalannya keuangan perusahaan. Kalau mau informasi lengkap tentang profesi akuntan, baca aja yang berikut.

Jobdesc Akuntan :
Menyusun laporan keuangan bulanan melalui accounting system berdasarkan informasi keuangan yang ada di sistem sebagai informasi/kontrol keuangan dari perusahaan induk. Membuat laporan keuangan triwulanan untuk keperluan penyampaian informasi pada manajemen dan pihak terkait lainnya. Menyusun laporan keuangan setengah tahunan (semester) untuk kepentingan pemeriksaan audit, bank, shareholder (internal & eksternal). Melakukan cek dan kontrol dari data-data pendukung transaksi akuntansi dari departemen-departemen terkait untuk memastikan transaksi keuangan disusun berdasarkan data/fakta yang ada. Melakukan aktivitas kompilasi/analisa anggaran dari seluruh departemen untuk keperluan estimasi anggaran keseluruhan perusahaan.

Gaji Akuntan:
Berkisar Rp 1.800.000 - 4.000.000.

Jenjang karier Akuntan:
Admin Pembukuan - Akuntan — Manajer Keuangan — Direktur Keuangan — Direktur Utama.

How to get it:
Sesuai dengan nama jabatannya, kamu harus kuliah dulu di jurusan akuntansi, lalu mengambil pendidikan profesi akuntansi. Rata-rata universitas negeri dan swasta memiliki jurusan akuntansi. lni membuktikan kalau akuntan adalah profesi yang cukup diminati bagi perusahaan dan pencari kerja.

Tempat/perusahaan yang membutuhkan akuntan:
Rata-rata perusahaan besar, mulai dari perusahaan retail sampai perusahaan farmasi biasanya membutuhkan tenaga akunting. Karena di sebuah perusahaan, banyak aktivitas akuntansi yang perlu dipikirkan, mulai dari menyusun neraca sampai dengan menyusun strategi keuangan bagi kemajuan perusahaan. So, kalau kamu yang belum juga akhir bulan tapi pengeluaran sudah tekor dan terpaksa minta lagi sama ortu, kayaknya perlu belajar banyak, supaya nanti bisa jadi akuntan andal dan nggak bikin perusahaan merugi.

Tips Seorang Akuntan :
Kamu yang kepengin jadi akuntan, ada baiknya lebih giat lagi belajar ekonomi akuntansi di sekolah/kampus. Alangkah lebih baiknya lagi jika ilmu akuntansi itu ditunjang dengan pengusaan kamu terhadap software akuntansi atau yang lebih sering disebut komputerisasi akuntansi.

" Ambil HP anda, Saatnya Ketik KOMODO kirim ke 9818 HANYA Rp. 1, Dukung Pulau Komodo Menjadi 7 Keajaiban Dunia. Berlaku sampai 1 Desember 2011 "

Pustaka - Menjadi Seorang Akuntan


Serba-Serbi Profesi Oleh Anwar & Tantrina

Foto/Gambar
12ipa1smansabogor.blogspot

0 comments:

Poskan Komentar