Senin, 29 Oktober 2012

MENGENAL TANAMAN BUGENFIL

Mengenal Bugenfil (Bougainvillea glabra Choicy.)


Suku:
Nyctaginaceae

Nama
a. Nama daerah
Bugenfil (Jawa).
b. Nama asing
Ye zi hua (C).
c. Nama simplisia
Flos Bougainvilleae Glabrae (bunga bugenfil).

Uraian Tanaman Bugenfil
Bugenfil banyak digunakan untuk penghias pagar, dirambatkan pada pergola, atau pengisi taman sebagai tanaman pangkas yang dibentuk bermacam-macam. Tanaman ini ditemukan di seluruh daerah tropic pada ketinggian 1-1.400 m dpl, menyukai tanah gembur yang mengandung pasir, dan terkena cahaya Matahari langsung sepanjang hari.

Perdu memanjat, batang berkayu, memiliki duri yang berbentuk kait. Tinggi bisa mencapai 5-15 m, berwarna hijau saat masih muda dan hitam setelah tua, dengan ranting, daun, dan karangan bunga kerap berambut halus berwarna jingga. Daun tunggal, duduk berhadapan, bertangkai, bentuk bulat telur sampai elips, ujung meruncing, pangkal runcing, tepi rata, panjang 4-10 cm, dan lebar 2-6 cm.

Bunga majemuk bentuk malai, keluar dari ketiak daun atau di ujung ranting, dan setiap 1 tangkai bunga bisa terdapat 1-7 kelompok bunga. Bunganya kecil-kecil seperti terompet, tumbuh berkelompok tiga, masing-masing bunga memiliki 1 daun pelindung yang lebar dengan macam-macam warna, tergantung jenisnya. Ada merah, ungu, jingga, putih, atau kuning sehingga ketiga bunga tersebut membentuk satu kesatuan seperti sekuntum bunga. Buah kecil dan di Jawa tanaman ini jarang berbuah. Nama tanaman hias asal Brasilia ini konon berasal dari nama seorang komodor laut Prancis, Louis Antoine de Bougainville. Perbanyakan dengan setek batang, cangkok, okulasi, atau biji.

Sifat dan Khasiat Bugenfil
Rasa pahit, bersifat hangat, dan astringen. Berkhasiat melancarkan sirkulasi darah.

Kandungan Kimia Bugenfil
Daun, bunga, akar, dan kulit batang mengandung saponin dan polifenol. Dari Bougainvillea glabra var. Sanderiana Hort telah diisolasi 4 jenis bougainvillein, yaitu betanidin, isobetarudin, 6-c beta-sophoroside, dan 6-0-rhamnosyl sophoroside.

Bagian yang Digunakan Bugenfil
Bunga dan batang yang dikeringkan.

Indikasi Bugenfil
Bunga digunakan untuk pengobatan:
• keputihan (lekore),
• haid tidak teratur, dan
• penyegar badan.

Batang digunakan untuk pengobatan:
hepatitis.

Cara Pemakaian
Untuk minum, rebus 9-15 g bunga atau batang.

Contoh Pemakaian
• Penyegar badan Rebus 10 g bunga segar dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Saring, minum 2 kali 1/2 bagian sehari.

Pustaka - MENGENAL TANAMAN BUGENFIL


Atlas Tumbuhan Obat 5 Oleh dr Setiawan Dalimartha

0 comments:

Poskan Komentar