Jumat, 12 Oktober 2012

Mengenal Tanaman bengkuang dan Khasiatnya

Tanaman bengkuang (Pachyrrhizus erosus)


Kandungan air dalam 100 gram umbi bengkuang sekitar 85.1 gram. Dengan kandungan air yang banyak, kalori bengkuang menjadi sangat kecil karena hanya mengandung sedikit padatan.Dalam 100 gram bengkuang hanya menyumbang kalori sebesar 55 kcal. Walaupun tidak memberikan sumbangan energi. peran air dalam makanan tidak dapat kita sepelekan. Air adalah komponen penting yang menyusun tubuh. Sekitar 75% bagian tubuh manusia terdiri atas air sehingga keberadaannya sangat berarti untuk kelangsungan metabolisme dan fisiologi tubuh. Air dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Karena itu, sehabis makan bengkuang tubuh kita akan segar.

Cocok dengan semua jenis sayuran dikonsumsi mentah maupun dimasak

A. Si Umbi Rendah Kalori
Tanaman bengkuang (Pachyrrhizus erosus) berasal dari Amerika Tangah. Di Asia Tenggara ,tanaman ini pertama kali ditanam di Filipina. Beberapa abad yang lalu. bangsa Spanyol membawa keluarga Leguminoceae ini untuk ditanam di Filipina. Beberapa orang menyebut bengkuang sebagai buah, tetapi para ahli bersepakat untuk menggolongkan tanaman berumbi ini sebagai sayuran.

Bengkuang banyak digunakan dalam masakan Asia Timur dan Asia Tenggara. Di Indonesia, bengkuang biasa dimakan mentah sebagai rujak atau sebagai isi lumpia. Di Filipina. bengkuang direbus atau diolah menjadi kari. Bengkuang adalah salah satu umbi yang banyak mengandung air.

B. Gizi dan Manfaat Bengkuang

a. Baik untuk Penderita Hiperglikemia
Bengkuang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita hiperglikemia. Dengan kandungan air yang cukup besar, menyantap bengkuang akan memberi perasaan kenyang, tetapi tidak memberi sumbangan kalori dan tidak berpotensi untuk meningkatkan indeks glikemik. Kandungan air dalam bengkuang baik untuk mempercepat proses pencernaan makanan. Pencernaan yang lancar akan mengurangi penyerapan gula yang harus dihindari oleh penderita hiperglikemia. Bagi Anda yang takut gemuk, bengkuang aman untuk dikonsumsi. Makan bengkuang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk

b. Melancarkan Proses Pencernaan
Karbohidrat yang terkandung dalam bengkuang tergolong rendah.Karbohidrat yang menyusunnya terdiri dari monosakarida, polisakarida, dan oligosakarida. 0ligosakarida yang menjadi penyusunnya adalah inulin.

Inulin sangat berguna bagi kesehatan flora yang hidup didalam usus seperti Lactobacillus sp. Jika kehidupan flora di dalam perut berlangsung dengan baik, maka proses pencernaan pun lebih lancar.

c. Melancarkan BAB
Karbohidrat lain yang tak kalah pentingnya adalah serat. Serat tidak "menyumbang" kalori, tetapi berfungsi penting dalam pencernaan. Bengkuang mengandung serat yang tinggi. terutama serat larut dalam air yang berguna untuk memperlancar buang air besar (BAB).

Bagi penderita wasir, BAB yang lancar akan mengurangi rasa sakit yang mereka alami saat buang air besar. Serat akan meningkatkan volume tinja dan melunakkannya sehingga tidak membuat sakit saat BAB.

d. Menjaga Kadar Gula Darah
Bagi Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi, cobalah makan bengkuang secara rutin. Bengkuang bersifat sebagai diuretik (peluruh) dan laksatif (pencahar). Kedua peran ini berguna untuk mempercepat pembuangan sisa makanan yang tidak terserap oleh tubuh. Jika Anda sulit BAB makan bengkuang dapat mengatasi keluhan ini. Dengan BAB yang lancar, waktu transit makanan yang ada di dalam tubuh semakin pendek sehingga tubuh tidak berlebihan menyerap gula yang akhirnya meningkatkan kadar gula dalam darah.

e. Kaya Vitamin C
0rang awam beranggapan bahwa vitamin C hanya terdapat pada sayur dan buah yang rasanya masam. Fakta menunjukkan lain. Walaupun tidak berasa masam. bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam 100 gram bengkuang mengandung vitamin C sebanyak 20 mg.

Jumlah tersebut dapat memenuhi satu pertiga dari vitamin C harian yang dibutuhkan individu dewasa pada kondisi sehat. Vitamin C yang cukup akan menghindarkan Anda dari gusi berdarah dan sariawan sema melegakan tenggorokan. Makan bengkuang juga mencegah radang tenggorokan dan membuang lendir atau dahak pada saat batuk.

f. Kaya Isoflavon
Sebuah studi farmasi menyatakan bahwa bengkuang memiliki fitokimia semacam hormon estrogen, yang disebut isoflavon.Secara umum.isoflavon banyak terdapat pada kacang-kacangan. Sejak lama, para ahli telah mengakui kehebatan isoflavon yang terdapat pada kacang-kacangan.

Senyawa ini berguna sebagai antioksidan dan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan isoflavon pada bengkuang cukup tinggi. sehingga perlu diperhitungkan untuk alternatif sumber isoflavon, terutama jika Anda tidak menyukai kacang-kacangan.

g. Menurunkan Kolesterol
Bagi Anda yang bermasalah dengan penyakit kardiovaskuler, cobalah rutin mengonsumsi bengkuang untuk menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat.Tak hanya itu.dengan mengonsumsi bengkuang, kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah akan meningkat. Peningkatan HDL sangat diperlukan bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung Anda.

h. Mengatasi Eksem
Secara empiris, bengkuang juga dapat digunakan untuk obat luar. Sebagai obat luar dibengkuang biasa digunakan untuk menyembuhkan eksem dan menghaluskan kulit bersisik. Caranya. parut bengkuang dan biarkan hingga patinya mengendap. Gunakan pati tersebut sebagai obat oles untuk kulit yang bermasalah.

C. Efek Negatif Bengkuang

a. Menyebabkan Diare dan Sering Kencing
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, efek negatif bengkuang tidak perlu terlalu dirisaukan. Namun, dengan efek diuretik dan laksatif yang tinggi, terlalu banyak makan bengkuang akan menyebabkan diare dan sering berkemih.

Tidak Disarankan untuk dikonsumsi Penderita gagal ginjal

Jika hal ini terlalu sering terjadi,sebagian zat gizi yang berasal dari makanan lain tidak dapat dimanfaatkan tubuh secara optimal. Zat gizi tersebut telah tersekresi alias terbuang sebelum diserap oleh usus secara normal.

b. Memperparah Gagal Ginjal
Bagi penderita gagal ginjal. sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi bengkuang. Kadar airnya yang sangat tinggi akan memperparah kondisi fungsi ginjal yang tidak lagi mampu bekerja secara normal.

Tabel. Kandungan nutrisi dalam 100 gram bengkuang























































Komponen GiziJumlah
Energi55 kcal
Protein1,4 g
Lemak0,2 g
Karbohidrat12,8 g
Kalsium15 mg
Fosfor18 mg
Kalium15 mg
Vitamin A-
Vitamin B10,04 mg
Vitamin C20 mg
Air56,1 g
BDD84%

Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1992)

Pustaka - Mengenal Tanaman bengkuang dan Khasiatnya


Cerdas Memilih Sayuran Oleh Lanny Lingga

0 comments:

Poskan Komentar