Senin, 15 Oktober 2012

Jenis Pemanis Alami

Jenis Pemanis Alami disekitar kita


Pemanis alami merupakan pemanis yang dibuat dari bahan alami seperti tebu. nira, dan lain-lain. Dalam penggunaan sehari-hari sebaiknya jangan gunakan pemanis buatan, tapi pakailah pemanis alami yang lebih aman untuk dikonsumsi. Berikut ini beberapa contoh pemanis alami yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

1) Gula pasir (Gala tebu)
Salah satu contoh pemanis alami yang biasa kita gunakan adalah gula pasir (sukrosa). Gula pasir ini merupakan pemanis yang sering digunakan terutama di kalangan rumah tangga. Gula pasir berasal dari tanaman tebu yang telah cukup umur untuk diolah dan selanjutnya diambil sarinya. Sari tebu tersebut kemudian dikristalisasi sehingga menjadi gula pasir yang sering konsumsi sekarang. Kadar sukrosa dalam tebu kurang lebih 6-20%.



2) Gula kelapa
Selain gula pasir, contoh pemanis yang lain adalah gula kelapa. Gula kelapa didapatkan dari nira yang diperoleh dari pelepah pohon kelapa yang selanjutnya dipanaskan hingga menjadi cairan kental.



3) Pemanis alami yang lain
Beberapa pemanis lain yang sering kita jumpai adalah madu yang berasal dari lebah, lalu fruktosa, glukosa, jagung dan sebagainya.



Baik pemanis alami maupun pemanis buatan, dalam mengkonsumsi pemanis sebaiknya jangan terlalu berlebihan, karena mengkonsumsi pemanis atau gula yang berlebihan, dapat menimbulkan penyakit diabetes mellitus (DM).

Pustaka - Jenis Pemanis Alami


Seri IPA KIMIA 2 oleh Crys Fajar Partana, M.Si.

Foto/Gambar
kalimantanpost
agroinworld.blogspot
cetraline.wordpress
faikshare

0 comments:

Poskan Komentar