Rabu, 24 Oktober 2012

Chlorella sp. Sebagai Pakan Alami

Mengenal Chlorella sp.


Chlorella adalah ganggang hijau bersel tunggal. Ganggang ini termasuk dalam divisi chlorophyta, kelas chlorophyceae, dan ordo chlorococcales. Selnya berbentuk bulat atau bulat telur dan mempunyai khloroplas (zat hijau daun). Karena itu, chlorella berwarna hijau cerah. Chlorella tidak memiliki bulu cambuk sehingga tidak dapat bergerak aktif di perairan.

Sebagai organisme yang hidup di perairan, habitat chlorella cukup luas, yakni di air tawar, air payau, dan air laut. Dinding sel pada chlorella tipis, agak keras, padat, dan panjangnya 3-8 mikron. Dengan karakter tersebut, chlorella sangat cocok dikonsumsi oleh benih ikan sebagai pakan alami.


Bak pemeliharaan chlorella. Ditandai oleh air bak yang berwarna hijau


Perkembangbiakan chlorella terjadi secara aseksual, yakni dengan membelah diri. Sel induk membelah diri dan menghasilkan sel baru yang disebut dengan aplanospora. Jumlah aplanospora yang dihasilkan bisa mencapai delapan buah. Selanjutnya, aplanospora berkembang menjadi individu-individu chlorella yang baru. Chlorella tidak hanya mengandung 30% protein dan 15% lemak, tetapi juga mengandung pigmen karoten berupa lutein. Pigmen inilah yang berperan untuk membentuk warna kuning dan mencerahkan warna ikan hias.

Pustaka - Chlorella sp. : Pakan Alami


Menghasilkan Pakan Alami untuk Ikan Hias Oleh Ir. Yusuf Bachtiar & Tim Lentera

Foto/Gambar
ekawiguna.wordpress

1 komentar:

  1. Saya percaya dalam semua manfaat chlorella yang telah disebut di sini.Saya telah mencuba dan diuji sendiri kerana saya telah mengambil makanan tambahan ini selama lebih daripada setahun sudah.Kesan detoksifikasi adalah benar-benar benar.

    BalasHapus