Rabu, 19 September 2012

Pemilihan Bibit Anggrek

-

Pemilihan Jenis Bibit Anggrek


Bibit Anggrek merupakan faktor utama yang menentukan baik atau tidaknya kualitas anggrek yang ditanam. Kesalahan dalam memilih bibit anggrek akan berakibat pada tidak maksimalnya pertumbuhan. Ada beberapa jenis bibit anggrek yang tersedia dipasaran, yaitu tanaman dewasa, tanaman muda, bibit kompot (komuniti pot), dan bibit dalam botol.

a. Tanaman Dewasa
Tanaman dewasa yang bisa dijadikan bibit adalah tanaman yang telah mengeluarkan bunga. Walaupun lebih mahal dare bibit lainnya, bibit ini lebih cepat berbunga dan kualitas pertumbuhannya sudah diketahui secara pasti. Ciri-ciri tanaman dewasa yang baik antara lain terlihat sehat, kokoh, jumlah kuntum bunganya banyak dan berukuran besar serta berwarna cerah.

b. Tanaman Muda
Tanaman muda adalah tanaman yang belum mengeluarkan bunga. Biasanya bibit jenis ini dijual dalam pot. Ciri-ciri tanaman muda yang baik antara lain akar, batang dan daunnya tampak sehat, lebar dan tebal serta berwarna hijau cerah.

C Bibit Kompot (Komuniti Pot)
Bibit Kompot merupakan kumpulan bibit yang ditanam dalam satu pot. Keuntungan memakai bibit ini adalah mudah dipindahkan ke pot yang baru sehingga risiko kematian bibit sangat kecil. Jika memakai bibit iii, perlu diperhatikan kebersihan pot dan tanaman, pilih bibit yang sama besar dan tidak ada bibit yang layu atau mati. Usahakan juga memilih bibit yang memiliki banyak akar dan kuat.

Pustaka-Pemilihan Bibit Anggrek


Cara Tepat Merawat Anggrek Oleh Redaksi AgroMedia

0 comments:

Poskan Komentar