Sabtu, 29 September 2012

INFLUENZA, PENYAKIT AKIBAT VIRUS YANG SANGAT MENGGANGGU

Influenza : Penyakit Pernapasan


pergantian musim kemarau ke musim hujan sering diikuti dengan ketidaksiapan kondisi tubuh kita. Pada musim hujan, influenza biasanya mewabah. Di mana mana mudah ditemui orang yang menderita sakit kepala, demam, badan menggigil, pilek, hingga batuk. Semua ini merupakan ciri khas penyakit akibat virus (influenza).

Penyakit influenza atau sering disebut dengan flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus di saluran pernapasan. Virus penyebab influenza tersebar di udara bebas, terutama dari buangan cairan yang dikeluarkan penderita influenza. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, terutama anak-anak.

Influenza digolongkan sebagai penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Infeksi saluran pernapasan akut adalah penyakit infeksi di saluran pernapasan atas atau bawah yang disebabkan oleh masuknya kuman berupa bakteri atau virus ke dalam organ saluran pernapasan.

Infeksi saluran pernapasan akut merupakan kondisi umum yang menyerang sebagian besar masyarakat pada waktu tertentu. Seluruh dinding sistem pernapasan dilapisi oleh mukosa yang saling berhubungan sehingga jika terjadi infeksi akan mudah menular ke bagian saluran pernapasan atas lainnya. Peradangan di saluran pernapasan dapat terjadi secara akut atau kronis. Selain influenza, ISPA dapat digolongkan menjadi beberapa klasifikasi sebagai berikut.

Tabel 1. Beberapa klasifikasi infeksi saluran pernapasan akut






































Nama PenyakitPenyebabGejalaPerlakuan Sebelum ke DokterKeterangan
Rinitis simpleksBeberapa jenis virus, seperti Myxovirus, Cox-sackie, dan Echo.Rasa panas, kering, dan gatal di dalam hidung. Bersin berulang-ulang, hidung tersumbat, dan keluar ingus encer disertai demam dan nyeri kepala. Permukaan mukosa hidung tampak merah dan bengkak.Istirahat dan meminum obat simtomatis, seperti penurun panas, penghilang nyeri, dan dekongestan.Dikenal juga sebagai selesma atau common cold. Merupakan penyakit akibat virus yang paling sering di-temukon pada manusia. Penyakit ini sangat menular. Gejala timbul akibat kekebalan atau daya tahan tubuh menurun, serta mengalami kelelahan atau stres.
FaringitisSekitar 70% diakibatkan oleh virus. Merupakan bagian dari common cold. Jenis virus sering menyerang adalah golongan rhinovirus, coronavirus, adenovirus, influenza dan parainfluenza virus.Nyeri tenggorok, nyeri telan, biasanya disertai demam dan adanya pembesaran kelenjar getah bening di leher.Menggunakan obat kumur tenggorok atau meminum obat simtomatik.Dikenal sebagai radang tenggorok.
TonsilitisBakteri atau virusNyeri tenggorok dan nyeri telan, demam dengan suhu tinggi, nyeri telinga, dan napas bau.Istirahat dan berbaring, minum air putih yang cukup, melakukan diet yang baik, atau minum obat simtomatik. Dianjurkan menggunakan obat kumur hangat.Disebut juga radang amandel
SinusitisVirus, alergi,fungi, otau bakteri. Dapat berupa perluasan infeksi dari hidung, gigi dan gusi, faring, atau tonsil.Panas tinggi,rasa letih, sakit kepala pada pagi hari, nyeri di daerah sinus, hidung lersumbat disertai ingus kental berbau dan berwarna kuning kehijauan, sakit tenggorok, dan suara serak.Sebaiknya ke dokter karena diperlukan antibiotik untuk mengatasi infeksi.Merupakan peradangan pada satu atau lebih sinus paranasal.

Putaka - INFLUENZA, PENYAKIT AKIBAT VIRUS YANG SANGAT MENGGANGGU


Tanaman Obat untuk Influenza Oleh Dra. Herti Maryani & Lusi Kristiana, Apt.

Foto/Gambar
bengkel-sehat

0 comments:

Poskan Komentar